Tips menulis novel/cerpen secara umum (let your finger dancing on your keyboard 1 )

Hallo semua.. Maaf sekali rasanya blog gue udah jarang banget nampilin postingan baru. Well, berhubung gue lagi stuck ama cerita yang lagi gue bikin let me post something here to make my day more valuable. Kalo biasanya gue cuma mosting tulisan-tulisan gaje sekarang mendingan gue bikin tulisan yang rada bermanfaat buat rekan-rekan sesama penulis atau author-author yang baru akan memulai karyanya. Tips menulis ala Angelaft Racta (In general)Here is it…

1. Banyak membaca
Kata guru Bahasa Indonesia gue waktu SMP di SMP Negeri 14 Bandung (Ibu Elia Suganda, Spd.), Kita bisa nulis karena kita bisa baca. Bener, ini dia yang perlu! Kata orang, untuk membuat satu kalimat lo harus udah kenal sama beribu-ribu kalimat. Waktu lo ngebaca karya orang lain secara nggak sadar lo belajar buat merangkai kalimat lo sendiri.
Tapi ada hal yang harus lo perhatiin. Jangan terpengaruh ama tulisan
orang yang lo baca atau penulis favorit lo. Lo harus punya ciri khas dan gaya bahasa lo sendiri. Lo temuin itu!

2. Feel the passion
Lo pikirin deh ide-ide yang ada di kepala lo itu. Bayangin kalo cerita lo bener-bener nyata. Malah mungkin kalo bisa kebawa ke mimpi lo. Nah, kalo udah ada ide tuh, jangan didiemin aja ntar malah lupa. Mending lo catet di sebuah kertas. Yang perlu lo catet adalah adegan-adegan yang kebayang di kepala lo. Trus juga buat plotnya.
Plot? Plot itu jalan cerita. Tulisnya singkat-singkat aja. Postingan selanjutnya gue bakal bahas lebih lanjut soal plot🙂. Ada juga sih penulis yang nulis nggak pake plot, cuma nih ya gue sarankan banget terutama buat elo-elo yang baru mulai nulis supaya ngebuat plot. Kenapa? Supaya jalan cerita lo teratur, tetep fokus (nggak lari kemana-mana), dan lo juga nggak perlu takut kehilangan ide ditengah-tengah karena sebelum mulai nulis lo udah tau jalan cerita lo, akhir cerita lo, bahkan lo juga udah bisa tau bakal jadi berapa bab sih masterpiece lo itu.
Plot ini juga nggak usah terlalu kaku. Ditengah-tengah lo juga bisa ngerubah plot lo sedikit-sedikit. Kalau kamu emang bukan tipe penulis yang pake plot, menulis dengan cara let it flow juga nggak kenapa-napa. Toh nggak ada yang salah dan nggak ada yang bener dalam menulis J

3. Just begin with one word
At the moment you start, you’ll be addicted soon. Yang penting lo kudu punya keberanian buat mulai nulis. Asal lo udah mulai, lo ga bakalan bisa berhenti karena ide yang udah meledak-ledak di kepala lo. Seperti judul postingan ini, let your finger dancing on your keyboard. Kalau emang lo takut cerita lo nggak selesai, pertama bikin dulu cerpen tiga halaman. Ntar naik jadi 10 halaman. Trus 50 halaman (nah, mulai tuh bikin light novel) baru deh 100 halaman lebih.

3. Finishing
Cerita lo udah bener-bener selesai? Lo yakin? Nah, kalo udah selesai periksa lagi kata-kata lo atau alur cerita lo. Siapa tau ada yang nggak nyambung misalnya gini…

“Di tengah cerita kan si Nickhun-nya udah mati. Lha, kok dia  malah ciuman ama Jessica? Nah lho, kapan dia idup lagi?”
Nah, itu yang gue maksud pemeriksaan alur. Harus lo yakinin kalo nggak ada adegan di cerita lo yang bertentangan ama adegan sebelumnya. Jujur, menurut gue ini bagian yang paling susah karena lo harus inget secara mendetail tentang seluruh adegan yang ada di cerita lo. Apalagi kalo ceritanya udah 100 halaman lebih.

4. Publish
Ngapain lo capek-capek bikin kalo nggak ada reader-san. Sebagai penulis lo butuh kritik yang membangun dan juga butuh pujian. Intinya lo butuh pengakuan kalo lo adalah seorang penulis. Untuk pengakuan ini lo harus punya PEMBACA.
Pembaca bisa lo dapetin dimana aja. Bisa nyuruh (atau malah maksa) temen-temen lo buat baca cerita lo, atau terbitin di koran atau penerbit (ini juga akan kita bahas pada postingan berikutnya).
Tapi nih di jaman internet kayak gini lo nggak perlu pusing buat publish cerita lo. Lo bisa publish di internet. Di blog lo (nggak gue sarankan banget buat lo mosting disini), atau di web/forum kepenulisan yang sekarang banyak banget tersebar. Emang sih lo nggak dibayar buat nulis disini, tapi penghargaan yang lo dapet bakal kerasa ngena.
Mengenai forum kepenulisan. Kalau cerita lo berupa cerpen, lo bisa posting di www.cerpen.net. Kalau cerita lo baru punya ide awal atau plotnya doang, bisa di posting di www.kemudian.com (tapi disini lo harus rela kalau cerita lo dilanjutin orang lain). Dan web yang paling gue saranin banget adalah www.wattpad.com forum kepenulisan terbesar di dunia. Tinggal lo daftar di wattpad indonesia (ganti aja settingan bahasanya jadi indonesia). Lo bisa mosting cerita APA AJA di wattpad dari mulai romance, fan fiction, teenlit, religi, fantasy, cerita pendek, novel, pokoknya apa aja.. asal bukan cerita-cerita yang kontroversial karena nanti bisa dihapus ama admin.
Di wattpad lo bisa dapetin temen-temen yang bakal dengan sukarela ngomen postingan lo. Jadi fan lo, atau bahkan kalo cerita lo bagus mereka bisa nge-VOTE buat lo. Disana juga bakal di ranking ‘cerita terpopuler’ disana dan ranking itu bakal berubah tiap menit. Jadi nggak cerita yang paling lama dan yang itu mulu yang nangkring disana. Sistemnya kayak chart lagu di acara dashyat dll. Deh.
Selain itu, jangkauan wattpad cukup luas. Berhubung web-nya sendiri udah terkenal di mancanegara, cerita lo bisa dijangkau seluruh penduduk dunia asalkan mereka ngerti bahasa yang lo pake. Kalo lo mosting cerita dalam Bahasa Inggris itu lebih bagus lagi. Tapi emang sih, banyak persaingan soalnya selain diklasifikasikan berdasarkan genre, cerita kamu bakal dikelompokin dalam bahasa yang digunakan. Dan penulis-penulis luar yang pake bahasa Inggris itu buanyyaaakk banget. Tapi jangan takut bersaing! Kalo lo emang bisa kenapa nggak!
Pasaran wattpad juga luas. Wattpad punya aplikasi tersendiri buat pengguna smartphone kayak BlackBerry, iPhone, dan juga iPad. Tapi tetep masih bisa diakses sama non-smartphone. So, orang-orang bakal gampang banget mau ngakses cerita lo.

Hati-hati ama para pembajak.. jangan sampe cerita yang lo publish di internet dibajak. Kelemahannya ngupload dari internet kita emang gak punya hak cipta jadi gak bisa nuntut kalo orang ngebajak cerita kita. tips dari gue JANGAN POSTING CERITA LO DI BLOG. Well, itu gak jadi masalah kalo lo gak keberatan cerita lo dibajak🙂 nggak salah juga mau posting di blog. banyak kok temen-temenku yang mostingnya ke blog. kalo mau posting lebih aman mosting dalam format pdf. biar gak bisa di copy. atau lagi-lagi kusarankan buat mosting di wattpad. DIsitu lumayan aman karena gak bisa di copy.

Gue sendiri juga mosting cerita gue disana. Bisa diliat dihttp://www.wattpad.com/user/angelaftracta (tapi pake bahasa Indonesia sih) ayo monggo silahkan dibaca dan jadi fan gue. Kalo kamu jadi fan gue disana, lo bisa dapetin update-an langsung ke email lo tiap kali gue update cerita baru J gue juga mosting novel gue disana dan lo bisa baca novel + cerita-cerita gue gratis-tis-tis.

5. Be a good reader
Yang ini nggak kalah penting. Jangan ngarep orang mulu yang baca cerita lo. Lo juga kudu baca cerita orang, kasih vote ke cerita yang lo suka, puji, atau kritik orang tersebut. Orang itu juga sama kayak lo yang butuh pengakuan! Jangan cuma jadi sider atau silent reader aja. Oke?😉
So, itu tadi tips-tips menulis secara umum. Soal tips menulis secara teknisnya (gimana cara buat plot, gimana cara nulis narasi dan deskripsi yang baik, gimana cara masukin ke penerbit, dll.) akan dibahas pada postingan selanjutnya.
Gue tunggu cerita lo lo pada. Kalau mau silahkan posting link cerita lo dalam komen dibawah dan kalo ada waktu aku janji bakalan baca dan ngasih kritik dan komen. Tapi inget, kalo di kritik jangan ngambek. Jadikan itu cambuk buat bikin cerita lo lebih baik lagi J Dan jangan lupa komen juga postingan ini. Jangan cuma jadi sider kalo lo juga nggak ngarepin sider J kalo nggak keberatan juga silahkan kritik cerita-cerita gue. Link wattpad gue ada kok di sebelah kanan banner blog ini J
Anyyeong!!!(untuk tips menulis lain bisa dilihat di postingan yang berlabel ‘Let your finger dancing on your keyboard’)

14 pemikiran pada “Tips menulis novel/cerpen secara umum (let your finger dancing on your keyboard 1 )

  1. Sorry, mau nanya nih, kalo g bikin cerita di wattpad pake ipad, buat ganti halaman atau part gimana ya, kayaknya kok itu satu sheet mulu.. Heheh bingung… Mohon bantuannya ya🙂

  2. hoho saya juga sering baca di wattpad. abis seru, hehe^^ oh iya kak, kalau misalnya mau nulis di wattpad, aku suka gak keluar kursor buat nulisnya =_= itu gimana ya kak? pernah mengalami juga ga? ._.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s