Jalan-jalan Hemat di Malaysia – Sebelum keberangkatan

Saya sama sekali bukan blogger yang suka nulis catatan atau jurnal perjalanan di blog. Ini bukan pertama kalinya saya berpergian, tetapi untuk kali ini entah kenapa godaan pengen nulis tiba-tiba dateng. Alasan utamanya adalah karena saya sangat terbantu dengan para blogger yang nulis catetan perjalanannya di blog. Jadi tiba-tiba juga kepengen ikutan berbagi pengalaman, siapa tau ada yang bisa terbantu juga dengan catetan perjalanan saya. Hehehe.

Oke, sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan mencoba membuat jurnal perjalanan saya dengan tema jalan-jalan murah ke Malaysia. Catatan perjalanan ini akan saya bagi menjadi 5 bagian termasuk page mengenai persiapan keberangakatan.

Tanpa banyak basa-basi lagi, ini dia catatan perjalanan saya… Silahkan disimak..

SEBELUM KEBERANGKATAN

  1. Jumlah peserta perjalanan yang disarankan adalah tiga orang atau kelipatannya. Ini nantinya akan berhubungan dengan biaya hotel yang bisa jadi hemat dengan jumah peserta tiga orang atau kelipatannya.
  1. Sedapat mungkin bawa alat mandi dan sunblock (atau kalau mau bawa make up), dari Indonesia. Lebih murah beli di Indonesia, jauuuh! Ingat ya, kebijakan didalam pesawat adalah tidak boleh membawa cairan lebih dari 1 liter dengan masing-masing kemasannya tidak lebih dari 100ml.
  1. Hindari weekend! Karena perjalanan ini saya rancang untuk 4 hari dan 5 malam, saya sarankan untuk berangkat dari hari Senin pagi dan pulang hari Jumat pagi. Ini nantinya akan menghemat biaya perjalanan kayak biaya penginapan yang naik pas weekend, juga menghindari antrian dan keramaian masuk ke tempat-tempat wisata.
  1. Mulai rajin olahraga sebelum berangkat. Namanya juga ngehemat biaya, termasuk biaya transportasi di tempat tujuan. Nantinya traveler bakal lebih banyak jalan dibandingkan naik angkutan umum. Untuk yang belum terbiasa jalan jauh, ada baiknya udah mulai pemanasan jogging tiap pagi.
  2. Naik pesawat low cost dan jangan bawa bagasi. Saya sendiri cuma bawa dua celana panjang (satu jeans dan satu bahan kain), satu training, satu kaus lengan panjang untuk tidur, dan empat baju untuk dipakai selama perjalanan ditambah dengan barang-barang yang saya sarankan bawa (ada catetannya dibawah artikel ini). Ah ya, bawa daleman dan singletnya dibanyakin. hihihihi.
  3. Pelajari cara naik rapidKL (bus, MRT, Monorel, alat transportasi Kuala Lumpur dan sekitarnya) . Untuk yang belum pernah ke luar negri, nggak ada salahnya belajar cara membaca peta naik MRT dan bus. Silahkan download peta rapidKL disini (untuk MRT, LRT, Monorel, dan KTM) dan peta goKL (bus gratis Kuala Lumpur) disini. Boleh disimpen di HP, atau kalau mau praktis dan nggak sering buka HP, boleh di print sekalian. Hindari naik taksi! Naik taksi itu muuaaahhaall sekali!

Sedangkan alat-alat yang saya sarankan bawa dari Indonesia adalah:

  • Plester luka (karena banyak jalan, ada kemungkinan kaki jadi lecet)
  • Obat pusing, demam, dan multivitamin. (berhubung saya gampang sakit kalau berpindah ke luar kota, saya sudah minum multivitamin sejak 3 hari sebelum berangkat)
  • Steker (kalau saya pribadi, saya bawa satu steker empat lubang dari Indonesia serta sambungan dari plastik yang menyesuaikan dengan bentuk colokan di Malaysia dan Singapura). nggak usah semua anggota rombongan bawa steker, satu orang yang bawa juga cukup.
  • Power bank
  • Hanger (dua buah per orang)
  • Handuk (hotel di KL menyediakan handuk, tapi hotel di Melaka tidak menyediakan handuk)
  • Jaket
  • Payung atau jas hujan
  • Raicoat tas ransel, atau kresek besar
  • Beberapa kresek (percayalah, kresek ini banyak banget gunanya)
  • Sendal jepit dan sepatu (sepatu sebaiknya dipakai saja supaya nggak nambah berat bagasi)
  • sunblock
  • Gelas dan sendok (untuk makan mie gelas atau ngopi), hotel nyediain sih, cuma entah kenapa saya suka agak jijik pake gelas dan sendok dari budget hotel. Hahaha

Selanjutnya simak perjalanan 4 hari 5 malam saya di Malaysia. Saya juga nulis rincian biaya serta waktu perjalanan. Kalau ada pertanyaan, silahkan ditanyakan di kolom komentar.

Day 1 (Kuala Lumpur), Day 2 (Selangor), Day 3 (Melaka), Day 4 (Kuala Lumpur dan sekitarnya)

Satu pemikiran pada “Jalan-jalan Hemat di Malaysia – Sebelum keberangkatan

  1. Ping balik: Jalan-Jalan Hemat di Malaysia – Day 1 (Kuala Lumpur) | Angel's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s